Mode Gelap
Image
Jumat, 10 Oktober 2025
Logo

Dorong Pertumbuhan dan Kembangkan Bisnis Waralaba, Pameran Bisnis dan Franchise IFBEX 2025 di Gelar November Mendatang

Dorong Pertumbuhan dan Kembangkan Bisnis Waralaba, Pameran Bisnis dan Franchise IFBEX 2025 di Gelar November Mendatang
(Kiri ke kanan) CEO PT Myevent Promosindo Asia, Karen Wiraraharja, Franchise Expert Djoko Kurniawan, Ketua Umum HIKPI (Himpunan kemitraan dan peluang usaha indonesia). Ageng. Permadi ketua Asosiasi Perusahaan pengusaha teknologi informasi dan komunikasi

SURABAYA (BM) – Dunia bisnis (Franchise) waralaba di Jawa Timur akan semakin bergairah melalui kehadiran pameran International Franchise and Business Exchange Expo 2025 (IFBEX). PT. Myevent Promosindo Asia bersama HIKPI (Himpunan Kemitraan dan Peluang Usaha Indonesia), KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Jawa Timur, APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan DK Consulting Group mengagas pameran ini yang akan digelar pada 28-30 November 2025 mendatang di Convention Center (SCC) Hall Pakuwon Mall Surabaya.

CEO PT. Myevent Promosindo Asia, Karen Wiraraharja, selaku penyelenggara pameran, mengatakan, bahwa pameran IFBEX berfokus pada industri waralaba, lisensi, kemitraan, keagenan, distribusi, reseller, dan solusi ritel. “IFBEX dalam tujuannya memfasilitasi kebutuhan investor mendapatkan bisnis kemitraan hingga franchise yang tepat, berkualitas dan mudah untuk dijalankan para investor dalam suatu platform yang tepat, dengan berbagai ragam program yang menarik di dalamnya secara lengkap,” ujarnya dalam konferensi pers di kantor Kadin Jawa Timur, Selasa (7/10/2025).

Menurutnya, IFBEX menjadi sebuah platform yang mempertemukan para investor dengan berbagai brand potensial dengan potensi pertumbuhan profit yang menjanjikan. Juga sebagai wadah penting bagi pencari produk, investor, dan para pemilik merek yang ingin berekspansi.

“IFBEX dengan dukungan penuh semua pihak telah menjadi sebuah ekosistem yang mempertemukan para investor dan brand potensial yang siap berekspansi. Seperti diketahui bahwa industri waralaba di Indonesia naik 5% setiap tahunnya. Ini menunjukkan bahwa waralaba masih berkembang dengan baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO DK Consulting, Djoko Kurniawan, menegaskan bahwa franchise sebenarnya tidak sulit. "Banyak yang ingin memulai bisnis franchise, tetapi belum tahu caranya. Di IFBEX 2025, kami akan memberikan edukasi dan pendampingan agar mereka bisa sukses," ujarnya. Djoko menambahkan, pihaknya sangat antusias untuk memberikan edukasi tentang franchise kepada UMKM dan anak muda.

"Kami melihat potensi besar di kalangan UMKM dan anak muda. Mereka punya ide kreatif dan semangat tinggi, tetapi seringkali terkendala masalah pengetahuan dan networking. IFBEX 2025 akan menjadi jembatan bagi mereka," ulasnya.

IFBEX 2025 didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Dinas Koperasi & UKM Jawa Timur, Bursa Efek Indonesia (IDX), CEO Jatim, dan banyak komunitas pebisnis lainnya. Data Kementrian Perdagangan RI, menyebutkan bahwa persebaran bisnis waralaba masih terpusat di Pulau Jawa, khususnya Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Jawa Barat.

Adapun bidang usaha yang diwaralabakan: makanan dan minuman sebanyak 47,92%, ritel 15,28%, jasa pendidikan non formal 10,42%, jasa kecantikan dan kesehatan 10,42%, laundry 6,25%, dan sisanya adalah biro perjalanan, perdagangan property, hotel, karoke, otomotif serta jasa perawatan dan perbaikan elektronik. Perlu diketahui bahwa omset bisnis waralaba di Indonesia pada 2024 mencapai 143,25 triliun dan mampu menyerap 97.872 tenaga kerja.

Data ini membuktikan bahwa potensi waralaba di Indonesia. IFBEX diharapkan dapat menjadi ajang bagi pelaku bisnis dan investor untuk bertemu dan berkoneksi satu sama lain untuk membangun kemitraan yang saling menguntungkan. IFBEX juga ingin berkontribusi untuk meningkatkan pengetahuan bisnis masyarakat melalui edukasi bisnsi yang diberikan oleh para professional, pebisnis, dan celebpreneur (celebrity entrepreneur).

IFBEX 2025 akan menghadirkan 105 brand ternama berbagai industry dan menargetkan lebih dari 35,000 investor yang hadir selama 3 hari pameran. Harga tiket masuk sangat terjangkau yaitu Rp. 30,000,- per orang. IFBEX akan menghadirkan berbagai promo menarik berupa potongan investasi hingga ratusan juta rupiah, program cicilan kemitraan, voucher, free gift, dan masih banyak lagi promo lainnya selama pameran berlangsung.

IFBEX 2025 juga akan dimeriahkan oleh beragam kegiatan, seperti campaign artist, young entrepreneur competition, live music, berjejaring bisnis. Dalam acara kali ini, IFBEX akan bagi- bagi hadiah berupa goodie bag gratis untuk 300 pengunjung pertama pameran. Di hari terakhir pameran, pada jam 21 WIB akan diundi doorprize menarik bagi para investor yang sudah melakukan transaksi pembelian bisnis, dengan hadiah menarik yaitu sepeda motor, sepeda Listrik, emas, uang tunai, televisi, uang tunai, dan banyak hadiah lainnya.

Para investor cukup menukarkan bon pembelian 2 juta rupiah untuk mendapatkan 1 kupon undian dan berlaku kelipatannya. IFBEX percaya bahwa partisipasi dan dukungan semua brand akan menjadi ajang strategis untuk memperkuat ekosistem bisnis, membuka peluang kerjasama, dan mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Timur dan Indonesia.

Komentar / Jawab Dari